Menghindari Kanker Payudara

Kanker Payudara adalah jenis kanker yang ditakuti oleh kaum wanita, terutama yang memiliki anggota keluarga yang pernah terkena penyakit ganas ini.

Beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi resiko terkena kanker ini dengan cara alami yaitu 1. Olahraga secara teratur menyebabkan kadar esterogen menurun, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker payudara.
2. Mengonsumsi suplemen antioksidan. Suplemen dapat menjadi tambahan makanan yang berfungsi mencegah kanker sekalipun kehadirannya tidak dapat menggantikan posisi sayuran segar dan buah-buahan.
3. Tidak merokok dan menjadi perokok pasif. Banyaknya racun yang terkandung dalam rokok mampu memicu meningkatnya resiko kanker payudara.
4. Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Dalam sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin dan zat makanan yang bersifat antioksidan yaitu zat yang mampu membunuh dan menekan pertumbuhan sel kanker. Termasuk dalam hal ini wortel dan bayam.
5. Mengurangi makanan berlemak. Anda harus memerhatikan jumlah lemak dan jenis lemak yang Anda konsumsi, karena lemak jenuh yang terdapat dalam daging, mentega, makanan yang mengandung susu full cream dan asam lemak dalam margarine bisa memicu kanker.
6. Konsumsi terlalu banyak lemak jenuh membuat kadar esterogen dalam darah meningkat, salah satu penyebab kanker payudara adalah esterogen. Sedangkan lemak yang mampu menurunkan resiko kanker adalah lemak tak jenuh seperti yang terdapat dalam minyak zaitun dan asam lemak omega 3, terdapat pada salmon dan tuna.
7. Tidak mengonsumsi daging yang gosong saat dipanggang. Sebab, daging yang dimasak dengan jalan dipanggang menghasilkan senyawa karinogenik yaitu amino heterosiklik.
8. Memberikan ASI kepada buah hati tidak saja membuat buah hati berkembang sempurna dan memilik sistem imun tubuh yang kuat, tapi juga membantu ibu untuk terhindar dari kanker payudara.
9. Makan banyak makanan berserat. Sayuran dan buah mengandung serat tinggi yang dapat mengikat esterogen dalam pencernaan sehingga kadar esterogen dalam darah berkurang.
10. Makan banyak makanan yang mengandung kedelai, karena mengandung fito-esterogen atau esterogen tumbuhan yang dapat mengurangi efek pemicu kanker payudara dan mempercepat keluarnya esterogen dari dalam tubuh.
11. Menghindari alkohol, karena dapat meningkatkan kadar esterogen dalam darah.
12. Banyak mengkonsumsi kacang-kacangan, karena banyak mengandung senyawa fito-esterogen.
13. Sinar matahari dapat membantu mencegah kanker payudara. Sedikit sinar matahari ( sekitar 20 menit per hari ) dapat membantu mencegah terjadinya kanker, karena sinar matahari membantu tubuh membuat vitamin D yang berguna untuk membantu jaringan payudara menyerap kalsium.
14. Menghindari xeno-estrogen (esterogen yang berasal dari luar tubuh), karena diduga mampu meningkatkan kadar esterogen dalam darah. Cara menghindarinya adalah dengan mengurangi atau menghindari konsumsi daging, unggas dan susu full cream beserta turunan produknya.
15. Mempertimbangkan penggunaan terapi pengganti hormon (HRT), yang memiliki fungsi untuk mengurangi resiko penyakit jantung, osteoporosis dan alzheimer\\\\\\\'s namun penambahan hormon ke dalam tubuh ini juga mampu menambah resiko terkena kanker payudara.
16. Memiliki berat badan ideal. Bertambahnya lemak tubuh membuta kadar esterogen dalam darah juga mengikat.
17. Hidup bahagia. Stres mampu meningkatkan resiko terkena kanker payudara oleh karena itu mulai hari ini hiduplah dengan bahagia.